Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Tips Menjadi Asisten Dosen! Layak Dicoba!

Written By Unknown on Tuesday 11 March 2014 | 20:15






Tips Menjadi Asisten Dosen” Kalimat itu sungguh menyentuh hati saya sebagai seorang mahasiswa.  Menjadi asisten dosen adalah sesuatu hal yang unik luar biasa dan membanggakan. Karena Asiten Dosen selalu dianggap sebagai mahasiswa yang cerdas,rajin serta dekat dengan dosen. Pengertian Asisten dosen adalah seseorang dari kalangan mahasiswa ang ditunjuk untuk memantu proses belajar mengajar dikampus, baik praktikum ataupun pembekalan teori.
Sebelum saya membeberkan Tips menjadi Asisten Dosen, saya akan memberitahu kalau tips ini hanyalah pemikiran saya pribadi dan tidak didukung fakta ilmiah dari manapun. Oleh karena itu, jika tips ini tidak berhasil saya mohon maaf hehe. Tips ini sudah saya praktekkan, dan hasilnya sukses. Saya terpilih untuk menjadi asisten praktikum anatomi dikampus saya (mungkin ngga ada kandidat lain atau apa saya kurang tahu :D).

Berikut ini adalah Tips Menjadi Asisten Dosen

1.       Mantapkan Tujuan

Disini bisa diartikan bahwa anda harus punya tujuan yang mantap, sungguh-sungguh dan kuat. Ini adalah hal terpenting dalam tips ini, karena nanti akan berpengaruh pada tips-tips berikutnya. Jadi mantapkan tuuan anda dulu sebelum anda melangkah.

2.       Belajar

Belajar lah yang giat untuk mencapi tujuan anda tadi. Jika anda ingin menjadi asiten dosen anatomi maka anda setiap hari paling tidak baca 2 lembar materi anatomi. Belajar sebelum megikuti kegiatan perkuliahan dikampus. Ini sangat penting karena anda akan lebih mengingat materinya dibanding anda belajar setelah perkuliahan. Baca ulang materi yang diberikan dosen.

3.       Berdoa

Berdoa adalah kunci dari tips ini, karena semua yang terjadi didunia adalah kehendak Nya. Oleh karena itu, perbanyaklah doa. Seberapapun giatnya kita belajar dan sekuat apapun keinginan kita kalo Alloh tidak menghendaki keinginan kita tidak akan tercapai.

4.       Jauhi maksiat

Jauhi maksiat, apapun itu. Semakin anda perbanyak maksiat maka peluang anda menjadi asisten dosen semakin kecil. Doa anda tidak akan dikabulkan.

5.       Bicara

Maksudnya adalah ketika anda sudah mengetahui dan paham dengan materi yang anda tekuni cobalah untuk menjelaskannya kepada orang lain.

6.       Sikap

Sikap anda harus santun dan baik. Ini sangatlah penting, karena ini yang diniliai untuk menjadi asisten dosen. Jangan membuat masalah dengan dosen ataupun asiten dosen sebelumnya.

7.       Bertanya

Sering-sering lah bertanya pada dosen ataupun asisten dosen. Dengan begitu anda akan dikenal baik dan anda semakin paham dengan materi perkuliahan yang menjadi tujuan anda.  Jika anda tidak mengerti tentang materi, langsung tanya pada ahlinya.

Itu tadi adalah Tips Menjadi Asiten Dosen selamat mencoba. Semoga tujuan anda tercapai dan semoga dipermudahkan jalannya. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa komen ya ^^

2 komentar:

Unknown said...

terima kasih, semoga tips tadi membantu :)
selamat, karena udah jadi asisten dosen, itu kebanggaan lho :)

Unknown said...

@kuni ulya aminn, makasih.. Semoga artikelnya membantu

Post a Comment

 
berita unik