Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Makna Dibalik Kata Aku Rapopo

Written By Unknown on Sunday 16 March 2014 | 01:14


                Aku rapopo, bahasa jawa yang akhir-akhir ini menjadi bahasa yang sering diperbincangkan dikalangan anak muda. Entah sejak kapan bahasa ini menjadi populer, tapi yang jelas sekarang ini kata-kata aku rapopo selalu sering kita dengar setiap hari. Sebenarnya aku rapopo punya makna yang sangat luas loh guys, salah satunya adalah untuk menggambarkan lapang dada atau ikhlas. Ikhlas terhadap apa yang terjadi pada dirinya.

                “Aku rapopo, nek pancen kowe seneng karo bocah kae, aku rapopo mbok tolak, aku rapopo” tau artinya ngga guys? Itu tuh bahasa jawa yang kalo diartkan ke bahasa indonesia kurang lebih artinya seperti ini “aku ngga papa, kalo kamu suka sama dia, aku ngga papa kamu tolak, aku ngga papa”. Kadang kalo sesuatu yang terjadi pada diri kita tidak sesuai keinginan kadang ada rasa tidak enak, sedih, perasaan galau, dan rasa marah yang berkecamuk. Tapi kalau anda ikhlas dan menerima apa yang ditetapkan oleh Tuhan maka anda akan menjadi lebih tenang. Frasa aku rapopo merupakan kata yang sering terucap ketika kita dapat ikhlas menerima apa yang terjadi.

                Tapi terkadang frasa aku rapopo juga dijadikan sebagai frasa untuk menutupi perasaan kekecewaan yang diderita. Misal saja karena seorang yang sedang jatuh terpeleset dijalan, karena dia malu terus dia bilang aku rapopo. Atau saat diputus pacarnya, dengan sok tegar menjawab aku rapopo. 

                Fenomena aku rapopo ini sampai dibuat lelucon oleh beberapa orang loh, banyak gambar yang diedit diberkan kata-kata aku rapopo. Bahkan nanti malam tema dari Mario teguh Golden Ways di metro tv adala aku rapopo.Mungkin Om Mario menganggap frasa aku rapopo adalah sesuatu yang menarik untuk dijadikan bahan motivasi. Saya juga penasaran, apa yang akan dibahas Om Mario tentang aku rapopo ini. 

                Ketika anda ikhlas kepada apa yang menimpa anda maka anda telah bersyukur terhadap pemberian Tuhan. Dan ketika anda bersyukur maka nikmat anda akan ditambah. Frasa aku rapopo ini akan lebih baik jika dikuti kata Alhamdulillah.

0 komentar:

Post a Comment

 
berita unik