Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Indonesia Menuju AFTA 2015! Wajib Baca Jika kamu Rakyat Indonesia

Written By Unknown on Saturday 15 March 2014 | 22:04



                AFTA itu nama apa sih, apakah nama makanan, atau nama tempat, pasti banyak yang belom tahu, termasuk saya yang baru tahu awal bulan maret ini. Karena rasa kepo yang besar untuk tahu tentang AFTA, akhirnya saya mencari informasi mengenai pengertian AFTA. Setelah saya mempelajari tentang AFTA dari berbagai sumber berikut ini adalah penjelasan mengenai AFTA yang saya dapatkan dan saya tulis dengan cara gaya penulisan saya sendiri. AFTA adalah kerjasama negara negara ASEAN dalam menciptakan perdagangan bebas bagi anggota ASEAN. Anggota AFTA adalah Indonesia, singapura, filipina, thailand, bruneidarussalam, malaysia, Laos, myanmar dan Kamboja. AFTA merupakan singkatan dari Asean Free Trade Area.

                AFTA sendiri sebenarnya disepakati oleh kelima negara anggota pertama yang saya sebutkan tadi pada tanggal 28 januari 1992. Tujuan dibentuknya AFTA adalah untuk mengembangkan perekonomian negara-negara ASEAN. Kerjasama ini menggunakan sistem CEPT (Common Effective Preferential Tarriff) yaitu keefektifan pengurangan biaya dalam menjalankan AFTA. CEPT sebenarnya punya 4 pilar program utama yaitu:

1.       Pengurangan tarif untuk anggota ASEAN hingga mencapai 5%
2.       Quantitative restrictions dan non tariff barries, maksudnya adalah penghambat jumlah dan nontarif dihapuskan
3.       Saling mendorong kerjasama dalam mengembangkan fasilitas perdagangan,kualitas,standart serta bea masuk
4.       Ditetapkannya kandungan Lokal sebesar 40%

Itu artinya bahwa negara ASEAN menerapkan perdagangan bebas terlebih dahulu sebelum 2020. Ini merupakan tantangan besar bagi bangsa ini untuk bersaing dengan negara anggota AFTA. Ini juga akan menunjukkan apakah indonesia akan menjadi produsen atau malah akan menjadi kosumen dari produk negara lain. AFTA ini menurut saya juga bisa jadi cara penjajahan modern lewat perekonomian suatu negara. Ketika AFTA ini sudah dijalankan, maka saham diperusahaan Indonesia bisa mencapai 90%. Itu artinya jika nanti penanaman modal diIndonesia dikuasai oleh orang asing maka Indonesia akan mudah digoyahkan. Tetapi AFTA  juga merupakan langkah besar bagi indonesia untuk menunjukkan taringnya dinegara-negara ASEAN dalam hal produksi hasil alamnya. Bagaimanapun hasil alam indonesia merupakan hasil alam terbesar di negara ASEAN, misalkan saja produksi kelapa sawit,tekstil, gas alam, garmen. Hanya saja Indonesia masih kalah saing dalam hal teknologi serta otomotif, dan produk pertanian.

Konsumen memang akan dimanjakan dengan berjalannya kerjasama ini, harga barang akan lebih murah karena biaya produksi yang dipangkas. 

Kalau diperhatikan dengan seksama sebenarnya Indonesia belum siap dalam menyambut AFTA ini. Penanaman modal di Indonesia yang masih sulit, korupsi ada dimana-mana, serta tidak didukungnya usaha-usaha menengah untuk dapat memproduksi barang yang lebih berkualitas. Untuk masalah hukum yang kurang tegas dan jelas di Indonesia juga merupakan masalah tersendiri bagi Indonesia. Pertahanan dan pengawasan Indonesia juga masih kurang. Bayangkan saja Indonesia memiliki perbatasan yang sangat luas, dan indonesia hanya memiliki TNI yang jumlahnya seberapa. Saya kira jika kerjasama ini sudah berjalan, nanti akan ada banyak penyelundupan barang barang dari luar negeri.

Menurut saya, Indonesia harus mempersiapkan dari sekarang untuk dapat bersaing dalam langkah menuju AFTA 2015

1.       Indonesia harus membantu usaha-usaha kecil agar lebih berkembang
2.       Peningkatan SDM
3.       Sektor pertanian ditingktkan produksinya
4.       Sektor Hukum harus diperjelas
5.       TNI anggotanya diperbanyak untuk pengawasan diperketat.

Semoga Indonesia dapat menjadi lebih baik ketika AFTA ini dijalankan. Mari persiapkan diri kita masing masing dalam bidang yang kita geluti untuk mejadi yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa komen ya ^^.


0 komentar:

Post a Comment

 
berita unik