Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Cegah Penyakit Colitis Ulseratif Dengan Merokok, Ini Fakta!

Written By Unknown on Sunday 16 March 2014 | 00:19


              
  Merokok selau identik dengan penyakit yang mengerikan dan mengancam jiwa. Tapi tahu kah anda jika ada penyakit yang justru jika kita merokok malah tidak akan terkena penyakit ini. Nama penyakitnya adalah Colitis Ulseratif. Colitis ulseratif merupakan peradangan pada colon atau usus besar. Penyakit ini bersama chron desease termasuk penyakit auto imun  yang penyebabnya belum diketahui dengan jelas.  


Penyakit ini ditandai dengan adanya darah saat defekasi, nyeri abdomen, dan bisa juga diare. Penyakit ini sungguh rawan, karena penyakit ini penyakit auto imun. Penyakit auto imun adalah penyakit dimana sel pertahanan tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri. Penyakit ini hanya bisa sembuh dengan reseksi, yaitu pemotongan usus. Penyakit ini biasanya berjalan kronik, dan diawal tidak dirasakan gejala apapun. Dan biasanya seorang dengan colitis ulseratif akan diberikan kortikosteroid dan sulfasalazin untuk menangani inflamasi yang terjadi. 


                Berdarsarkan hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan sebagian besar pasien colitis ulseratif adalah bukan seorang perokok. Sangat aneh memang, merokok kok malah ngga terkena penyakit, saya juga aga urang percaya dengan hasil penelitian ini. Tapi ketika saya kuliah tentang ilmu penyakit dalam hal ini dibenarkan oleh dosen saya, seorang dokter spesialis dalam, bahwa penyakit colitis ulseratif jarang terjadi pada seorang perokok. Bahkan ketika saya mengerjakan soal ujian komprehesif,ada soal yang menanyakan tentang penyakit ini. Soalnya seperti ini “Dari pernyataan berikut manakah yang benar mengenai colitis ulseratif?” Dan pilihan jawaban yang benar adalah “penyakit colitis ulseratif jarang terjadi pada seorang perokok”.


Fakta yang kurang masuk akal ini memang tidak bisa diterima. Tapi itu lah kenyataan yang harus diterima. Jadi selamatlah kalian yang seorang perokok dari penyakit ini. :D


Eits, jangan senang dulu guys, bagi anda yang seorang perokok maka anda akan lebih beresiko terkena berbagai macam penyakit yang lebih banyak, mulai dari penyakit pernafasan sampai penyakit jantung. Untuk resiko penyakit pencernaan juga banyak. Misal saja, temannya Colitis ulseratif tadi, Chrons desease, adalah penyakit auto imun yang lebih parah dibandingkan colitis ulseratif. Kalo colitis ulseratif hanya terjadi pada colon, chron desease bisa terjadi pada seluruh saluran pencernaan. Perbedaan dari kedua penyakit ini adalah dari tanda nya dan lokasinya. Biasanya kalo Chrons desease luka nya pisah pisah, jadi misal dalam satu meter  25 cm luka 25 cm engga terus 20 cm ada luka lagi 20cm engga. Sedangkan kalo colitis ulseratif lukanya satu meter terkena semua, tetapi hanya di colon/usus besar.


Gimana masih pilih jadi perokok atau bukan perokok? Anda lebih memilih jadi perokok tetapi tidak beresiko terkena satu penyakit dan beresiko lebih dari satu penyakit, atau lebih memilih  menjadi seorang bukan perokok yang tidak beresiko teradap banyak penyakit. Berhentilah merokok guys, karena merokok akan membunuhmu (korban iklan rokok). Semoga arikel ini bermanfaat, jangan lupa komen ya ^^

0 komentar:

Post a Comment

 
berita unik