Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Penyebab, Gejala, Tanda, Obat, Penyakit Wasir Atau Hemoroid

Written By Unknown on Thursday 13 March 2014 | 03:17


 
Hemoroid atau yang lebih dikenal dengan nama wasir dan ambien merupakan salah satu penyakit disaluran pencernaan kita. Seperti janji saya pada posting sebelumnya, kali ini saya akan memicarakan mengenai penyakit hemoroid.

Hemoroid adalah jaringan normal yang terdapat pada semua orang yang terdiri atas pleksus arteri-vena, berfungsi sebaai katup didalam saluran anus untuk membantu sphincter anus, mencega inkonentia flatus dan cairan. (diutip dari buku bedah de Jong)

Hemoroid atau Wasir sebenarnya adalah sebuah pembuluh darah balik (vena) yang berada di anus dan digantung sama jaringan ikat dengan nama ligamentum park. Fungsi dari hemoroid ini adalah untuk menjadi bantalan anus agar tidak luka ketika terkena feses saat defekasi.  Hemoroid ini dibagi menjadi dua yaitu hemoroid eksterna dan interna. Hemoroid eksterna dibentuk oleh pleksus hemoroid inferior sedangkan yang interna dibentuk oleh pleksus hemoroid superior. Nah biasanya  yang sering mengalami kelainan adalah hemoroid interna.  Udah Paham belum guys? Ngga mudeng ya? Intinya hemoroid itu ada dua, luar dan dalam.





Wasir, nama kerennya hemoroid, terjadi bisa dengan dua cara. Didunia kedokteran dikenal dengan nama annal cushion dan vascular teori. Annal cushion, terjadi ketika penggantungnya (lig. Park) mengalami kelemahan. Sedangkan Vascular teori, hemoroid terjadi ketika vena hemoroid nya mengalami pelebaran. Tadi kan udah dibedain tuh, ada luar sama dalam. Untuk hemoroid yang dalam ada stadiumnya loh guys,

Stadium Hemoroid Interna

1.       Stadium pertama, saat vena nya masih didalam anus dan belum keliatan dari luar

2.       Stadium kedua, saat vena nya sudah keluar saat defekasi tapi bisa balik kedalam anus

dengan sendirinya

3.       Stadium ketiga, saat vena nya sudah keluar dari anus saat defekasi tapi ngga bisa masuk

kedalam anus sendiri, harus dibantu sama tangan

4.       Stadium keempat, saat vena sudah keluar dan ngga bisa masuk kedalam anus lagi.


Penyebab dari wasir sebenarnya bermacam macam, ada karena penyakit lain misalnya penyakit hati (sirosis hepatis) bisa juga karena anda terlalu sering mengejan, sering konstipasi, feses yang keras, serta penyebab penyebab lain. Hemoroid biasa nya terjadi pada orang tua guys, kenapa? Alasannya ya tadi karena lig park nya udah lemah karena udah tua. Apa sih yang menyebakan lig. Park melemah?  Jawabannya adalah sering BAB dengan posisi duduk, feses yang keras, makan makanan yang kurang serat, kurang minum air putih. Jadi kalo pake toilet duduk bisa jadi hemoroid dong? Baca artikel saya sebelumnya mengenai ancaman penyakit dari toilet duduk.

Gejala dan tanda nya apa sih kalo kita terkena wasir? Gejala dan Tanda yang biasanya muncul adalah Habis BAB ada darah yang menetes, atau juga bisa seperti garis pada feses, berasa kayak ada tonjolan dianus. Biasanya hemoroid ngga sakit sih,kecuali kalo hemoroidnya mengalami trombosis atau pengerasan.

Terus bisa sembuh ngga, penyait ini parah ngga sih, mungkin pertanyan itu yang muncul. Saya jawab yaa, penyakit ini bisa sembuh kok, dengan operasi. Tapi kalo penyakitnya belum stadium lanjut ,masih stadum satu atau dua, biasanya dokter akan memberikan saran aja kepada pasiennya untuk makan makanan berserat tinggi dan memberinya obat simptomatis. Tapi akan lebih baik kalo dioperasi. Operasi hemoroid banyak macamnya, salah satunya dengan memberi penggantung baru menggantikan lig park yang melemah tadi guys.

Jadi, udah paham kan? Mengenai penyakit hemoroid atau wasir ini? Syukur deh kalau udah paham.  Jadi kalau tidak ingin terkena hemoroid atau wasir ya makanlah makanan yang sehat, berserat tinggi, dan perbanyak minum air putih. Semoga kita terhindar dari penyakit ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa komennya ya guys, ^^  

0 komentar:

Post a Comment

 
berita unik