Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Apa Sih Fissura Ani itu? Jika Gak Tau, Baca! Penting!

Written By Unknown on Monday 10 March 2014 | 09:49


Apakah feses anda ada darahnya? Bagaimana darahnya? Campur dengan feses, Cuma garis dipermukaan atau seperti apa? Jangan takut jangan berfikir yang macam macam terlebih dahulu. Apa sebelunya anda mengalami sembelit, feses anda keras? Jika iya dan darah difeses anda memang hanya sebatas dipermukaan seperti garis merah, mungkin saja itu hanya fissura ani, luka pada anus. Fissura ani adalah luka pada anus yang biasanya letaknya dibelakang. Belum ngerti tentang fissura Ani?
 
Fissura Ani 
Fissura Ani adalah luka pada anus yang, biasanya disebakan peregangan otot di anus dikarenakan feses yang terlalu keras. Maka dari itu, Jika anda sering sembelit (BAB tidak lancar) hati-hati terkena Fissura ani.
Gejala klinis yang sering dikeluhkan adalah nyeri yang sangat pada anus oleh pasien jika luka pada anusnya sudah dalam. Tetapi jika hanya sebatas mukokutan mungkin nyeri yang ditimbulkan tidak seberapa. Konstipasi juga dirasakan pasien serta pasien akan mengeluhkan bahwa pada fesesnya ada titik-titik darah aau garis darah pada feses. Pada pemeriksaan RT biasanya pasien akan tampak kesakitan. Pasien juga kesakitan ketika sedang BAB dan rasanya mungkin seperti disayat–sayat pisau.
Seperti yang saya utarakan pada awal post ini, bahwasanya konstipasi adalah penyebab tersering dari Fissura Ani. Tetapi penyebab lain juga ada seperti diare, luka karena persalinan, dan juga terkadang tidak jelas penyebanya.
Terapi untuk Fissura Ani yang masih ringan adalah diet serat dan perbanyak minum air putih. Fissura Ani dapat sembuh sendiri jika masih sebatas mukokutan Yang paling terpenting untuk dijaga adalah feses yang lunak. Bisa dengan bantuan obat pelunak feses ataupun Diet Serat tinggi. Akan tetapi jika luka sudah parah, maka diperlukan tindakan operatif. Bisa dengan Fissurectomi ataupun Sphincteroctomi. Fissurectomi adalah pemotongan dari fissura ani tadi, sedangkan Sphincteroctomi adalah pemotongan otot Sphincter agar nanti mengurangi peregangan dari otot spinchter anus.
Soooo??? Yappp.. Pola makan yang baik adalah pola makan dengan makanan yang tinggi serat dapat mengurangi fissura ani ini. Maka Jika anda sedang mengalami ini jangan takut, perbanyak minum air putih, sayuran, buah-buahan, dan makanan serat tinggi yang lain, Insya Alloh bisa sembuh kok. Tetapi kalo nanti feses nya keras lagi ya bisa jadi luka lagi dan nyeri lagi karena terbentuk luka baru.


0 komentar:

Post a Comment

 
berita unik