Recent Post

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

Definisi Penyebab Patogenesis Pengobatan Penyakit Bronkiektasis

Written By Unknown on Sunday 13 April 2014 | 00:32


Bronkiektasis adalah bronkus yang melebar, kita lihat saja asal kata nya. Bronkus dan ektasis, bronkus artinya bronkus dan ektasis artinya dilatasi. Jadi menurut Ilmu penyakit dalam bronkiektasis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya dilatasi dan distorsi bronkus lokal yang bersifat patologis dan berjalan kronik serta bersifat persisten atau ireversibel. Biasanya bronkiektasis menyarang bronkus yang kecil atau medium size, sedangkan bronkus yang besar jarang terjadi. 

Penyebab dari Bronkiektasis sendiri sebenarnya sampai sekarang masih bellum jelas penyebabnya.Bronkiektasis dapat timbul secara kongenital ataupun aquisita/didapat. Untuk Bronkiektasis kongenital biasanya tidak berjalan sendiri tetapi sering dijumpai dengan penyakit lainnya, misalnya Mucoviscidosis, sindrom kartagener dan lainnya. Sedangkan bronkiektasis didapat biasanya merupakan akibat proses infeksi, obstruksi bronkus. Bronkiektasis paling sering terjadi pada paru paru lobus tengah.

Perubahan morfologis bronkus yang terkena bronkiektasis adalah dindidng bronkus yang inflamasi dan destruksi reversibel, mukosa bronkus menjadi abnormal, jaringan paru dapat ditemukan pnemonia fibrosis paru, bisa juga pleuritis jika dekat dengan pleura.

Patogenesis dari bronkiektasis diduga melalui berbagai macam cara. Ada beberapa faktor yang diduga ikut berperan, yaitu : 1) Faktor obstruksi paru 2)faktor infeksi pada bronkus atau paru 3) faktor adanya beberapa penyakit tertentu seperti fibrosis paru, asma pulmo 4)Faktor intrinsik dalam bronkus atau paru. Ada dua mekanisme dasar dalam proses patogenesis bronkiektasis yaitu permulaan diahului infeksi atau didahului adanya obstruksi bronkus.

Permulaannya didahului adanya faktor infeksi bakterial, mulanya karena ada infeksi paru atau bronkus kemudian timbul bronkiektasis. Mekanismenya sangat rumit susah untuk saya jelaskan. Intinya mekanisme pertama infeksi baru bronkiektasis. Sedangkan mekanisme yang kedua adalah bronkiektasis yang didahului oleh obtruksi bronkus. Ini juga susah untuk saya jelaskan karena mekanisme terlalu rumit.
 


Keluhan pada penderita bronkiektasis adalah batuk, hemoptosis, sesak nafas dan demam berulang. Sedangkan kelainan fisik dapat ditemukan sianosis jaritubuh, cor pulmonal juga bisa terjadi jika bronkiektasis berat.

Pengobatan pasien bronkiektasis terdiri atas dua kelompok yaitu pengobatan konservatis dan pembedahan. Pengobatan konservatif tersidiri dari pengelolaan umum, pengelolaan khusus, pengobatan asimptomatik.

Penyakit ini sebenarnya sangat susah ditentukan dan dibedakan dengan penyakit paru lain misalnya bronkitis kronik, karena gejala yang ditimbulkan sama. Saya cuma ingin mengingatkan bahwa hampir semua penyakit saluran nafas adalah diakrenakan polusi udara dan hobi merokok. Oleh karena itu saya ingin mengingatkan kalau merokok bukan pilihan yang bijak. Stop smoking. Semoga artikel inin beranfaat, jika ingin ada yang ditanyakan komen aja dibawah

1 komentar:

abanxc said...

Nice posting, keep blooging, walau visitor dikit, yang penting optimis, salam blog walking :)

Post a Comment

 
berita unik